STATISTIK /FT Unilak
  • Dikunjungi oleh : 103508 user
  • IP address : 54.196.127.107
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Selamat datang di Website Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
Visi & Misi Prodi Arsitektur

VISI

Visi Prodi Teknik Arsitektur adalah menjadi lembaga penyelenggara pendidikan  Teknik Arsitektur dengan spesifikasi arsitektur Melayu Riau yang unggul ditingkat nasional tahun 2030.

     Makna Visi :

  1. Keunggulan ditingkat nasional dalam spesifikasi arsitektur Melayu Riau, merupakan keunggulan komparatif yang bermakna bahwa Prodi Arsitektur Unilak akan menjadi rujukan bagi pihak yang berkaitan dengan pendidikan, penelitian, konservasi serta pengembangan arsitektur Melayu Riau. Posisi ini akan dikembangkan pada tingkat nasional, bahkan regional diwilayah Asia Tenggara dan internasional. Hal ini sangat relevan dengan visi Riau dan visi Pekanbaru
  2. Yang dimaksud dengan Arsitektur Melayu Riau secara umum adalah arsitektur yang merupakan budi daya masyarakat dibidang seni bina (rancang bangun) Melayu Riau dalam menjawab problema klimatologis di wilayah geografis Provinsi Riau dan Provinsi Raiu Kepulauan.

    Visi prodi, sebagaimana visi Fakultas Teknik dan visi Unilak, juga dujiwai dengan 7 Nilai Unilak (SK Yasrah nomor 917/YASRAH.B/XII/2013) yang telah menjadi Panduan Karakter Unilak, yang merupakan nilai-nilai yang diangkat dari butir-butir karakter pada masyarakat Melayu Riau, yakni : Religius, Jujur, Kerjasama, Visioner, Bijaksana, Bermartabat, Disiplin;

 

MISI

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan Teknik Arsitektur Unilak sehingga menghasilkan lulusan yang terampil dibidang arsitektur, dengan pengetahuan khusus tentang arsitektur Melayu Riau, serta  memiliki karakter sesuai dengan Tujuh Nilai Unilak, yang kompetitif di tigkat nasional.
  2. Melaksanakan penelitian, dengan sumber dana internal dan eksternal sepertiskim Dikti dalam rangka menumbuhkembangkan IPTEK dan Arsitektur Melayu Riau;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memelihara dan mengembangkan Ipteks dan budaya, melalui skim yang didanai internal atau eksternal Unilak seperti Dikti dan  KKN-PPM
  4. Menjalin Kemitraan dengan institusi pendidikan, pemerintah, swasta serta organisasi profesi arsitektur dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan;

TUJUAN

  1. Tujuan Bidang Pendidikan
  1. Mengembangkan metode penjaringan mahasiswa baru dan meningkatkan kualitas input mahasiswa baru.
  2. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran
  3. Meningkatkan kualitas karakter dosen dan mahasiswa
  4. Meningkatkan jenjang pendidikan formal dan kemampuan mengajar bagi dosen

       2. Bidang sarana prasarana

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas  sarana dan prasarana pembelajaran
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendukung iklim akademik

       3. Bidang manajemen

  1. Meningkatkan kinerja manajemen administrasi pendidikan
  2. Meningkatkan sumber daya manusia (dosen dan karyawan)
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan karyawan

       4. Bidang Kemahasiswaan

  1. Meningkatkan kualitas pembinaan kegiatan kemahasiswaan
  2. Meningkatkan prestasi kegiatan kemahasiswaan di tingkat lokal, regional, nasional serta internasional
  3. Meningkatkan jumlah penerima bea siswa
  4. Meningkatkan peran serta alumni

       5. Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian
  2. Meningkatkan produktivitas publikasi ilmiah
  3. Meningkatkan penelitian dengan sumber dana dari luar
  4. Memanfaatkan sistem informasi penelitian

       6. Bidang Kerja Sama

  1. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga lain dalam/luar negeri di bidang pendidikan
  2. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga lain dalam/luar negeri di bidang penelitian
  3. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga lain di bidang pemberdayaan masyarakat
  4. Meningkatkan kerja sama di bidang promosi dan kemahasiswaan

SASARAN STRATEGIS

  1. Terwujudnya fungsi Prodi Arsitektur yang optimal berstandar nasional, terakreditasi B oleh BAN-PT
  2. Terwujudnya pelayanan pembelajaran berstandar nasional
  3. Terwujudnya SDM (dosen dan staf) yang profesional dan handal
  4. Terwujudnya pengembangan sarana dan prasarana bertaraf nasional
  5. Terciptanya kualitas pendidikan dan pengajaran
  6. Terwujudnya kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berskala nasional
  7. Terlaksananya kerjasama nasional dalam bidang pendidikan dan penhajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat