Kolaborasi Fasilkom dan FKIP Unilak Lakukan Pengabdian Peningkatan Kemampuan Bagi Guru Paud

Unilak Pekanbaru-- Fasilkom dan FKIP Universitas Lancang Kuning Pekanbaru melakukan kolaborasi untuk peningkatan kemampuan guru PAUD di Kecamatan Bukit Raya dengan pembuatan media ajar berbasis Informasi Teknologi, bertempat di Kecamatan Bukit Raya, 5 April lalu.

Karena masih dalam pandemic Covid-19 peserta hadir dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini mengangkat tema Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi kepada tenaga pendidik PAUD. Kegiatan ini bertujuan agar para guru mampu melakukan transformasi media pembelajaran yang konvensional menjadi media ajar berbasis IT, karena pembelajaran sejak wabah Covid-19 merebak khususnya di kota Pekanbaru seluruh proses belajar dan mengajar dialihkan menggunakan media daring dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting, Google Meet dan WhatApp.

Tim dosen kolaborasi antar dosen Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan (FKIP) yang terlibat yaitu Roki Hardianto, M.Kom, Sean Marta Efastri, M.Pd dan Eddissyah Putra Pane, M.Kom.

“Kegiatan ini terlaksana dengan lancar berkat kerjasama antara dosen Unilak dengan Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kecamatan Bukit Raya yang di komandoi oleh Sri Juani Purwaningsih, S.Pd”, tutur Roki Hardianto saat ditemui usai kegiatan.

Pada kesempatan itu juga hadir Ketua HIMPAUDI Kota Pekanbaru, beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami tenaga pendidik PAUD karena teknologi sudah menjadi kebutuhan kami dalam proses belajar mengajar dan kami melihat dosen UNILAK sangat memperhatikan permasalaha yang kami hadapi dengan mengadakan pelatihan ini, ungkap beliau.

Pada sambutannya Sean Marta Efastri selaku dosen FKIP yang juga dosen prodi PAUD dalam sambutan mengatakan bahwa ini kegiatan kolaborasi mantap antar dosen pendidikan dan IT karena saya melihat lulusan kami dari prodi PAUD masih banyak belum menguasai bidang IT terutama dalam pembuatan media pemlajaran yang selama ini masih manual. Tetapi dengan pelatihan ini maka guru PAUD diharapkan mampu menerapkannya dalam proses belajar mengajar terlebih lagi sekarang proses pembelajaran sudah daring.

“Kegiatan ini adalah awal Langkah kami dalam memberikan pengetahuan teknologi kepada guru PAUD di Pekanbaru. Kami akan lanjutkan di kecamatan lain dengan melakukan Kerjasama dengan HIMPAUDI yang ada di kecamatan-kecamatan sekota Pekanbaru”. tutupnya.

Tuliskan Komentar