Di Masa Pandemi Corona, Tim Dosen Unilak Motivasi IRT Kelurahan Kedungsari Cara Membuat Usaha

Unilak- Sebagai bentuk pengabdian masyarakat dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, tim dosen PKM Universitas Lancang Kuning Pekanbaru memberikan motivasi kepada ibu-ibu rumah tangga (IRT) Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai peluang usaha dimasa pandemi corona atau Covid-19.

Tim dosen PKM Unilak tersebut diketuai oleh Rita Wiyati, SE, MM, dibantu dua anggota Sri Maryanti, SE, MSi dan Drs. M Thamrin, MM. Menurut Ketua Tim dosen PKM Unilak Rita Wiyati ada beberapa
manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan pekarangan rumah ini misalnya dapat menjaga lingkungan disekeliling rumah menjadi lebih nyaman. Sebab pekarangan rumah seperti halaman, teras atau ruang kosong yang ada, dapat tanami tanaman yang bermanfaat dan sehat seperti menanam daun mint. Kegiatan ini dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Rita Wiyati, para bu Rumah Tangga (IRT) Kelurahan Kedungsari ini merupakan mitra dari tim PKM Unilak yang telah lama menjalin kerjasama. Tujuan dari diadakan kegiatan ini adalah untuk membantu ibu-ibu di Kelurahan Kedungsari agar dapat membuka lapangan pekerjaan dengan cara memanfaatkan perkarangan rumah menjadi peluang usaha yaitu dengan menanam daun mint karena daun mint dapat diolah menjadi produk lain yaitu Pudmint atau puding daun mint yang merupakan makanan sehat dan penuh gizi. Dan olahan pudmintnya dapat dijual.

"Ada 10 ibu-Ibu yang dilatih dan sebagian besar dari mereka murni ibu rumah tangga," jelasnya.

Ditambahkan Rita, semangat berwirausaha pada masa sekarang ini sangatlah dibutuhkan karena lapangan pekerjaan semakin sempit sedangkan para pencari kerja semakin banyak. Akibatnya persaingan dalam dunia kerja sangat ketat.

Disaat situasi pandemi corona atau Covid-19 yang sedang mewabah saat ini, segala lini kehidupan mengalami kelesuan terutama dibidang bisnis atau usaha. Dikarenakan IRT Kelurahan Kedungsari ini sebagian besar suaminya berprofesi sebagai pedagang, maka ada peluang bagi mereka untuk termotivasi dalam berkreativitas. Mereka punya kesempatan membuat suatu usaha, meskipun usahanya hanya kecil-kecilan.

Disampaikan Rita bahwa tujuan dari kegiatan PKM ini ingin membantu para IRT agar dapat berkreatifitas dalam memanfaatkan perkarangan rumah seperti menanami tanaman yang dapat menghasilkan pendapatan.

Tuliskan Komentar